MEMBUAT PERANGSANG BUAH SKALA PRODUKSI UNTUK KALANGAN SENDIRI ATAU KOMERSIL

Pupuk Perangsang bunga dan buah BEST PLANT untuk meningkatkan munculnya bunga dan buah agar tidak mudah rontok dan hasil maksimal

Tangki pembuatan pupuk sederhana

Salah satu tujuan utama petani bercocok tanam adalah mendapatkan hasil panen yang maksimal, sehingga dapat menutupi biaya produksi dan kerja keras selama beberapa waktu dapat terbayarkan serta memperoleh keuntungan. Salah satu bidang yang terus dikembangkan dalam mendukung peningkatan hasil pertanian adalah pembuatan perangsang bunga dan buah,.

Seiring dengan perkembangan jaman, kesadaran manusia akan kelesterian alam serta terpenuhinya kebutuhan pangan yang berkualitas, sehat dan berkelanjutan membuat banyak pelaku usaha pertanian beralih kepada usaha pertanian berbasis organik, ini membuat kebutuhan sarana pertanian organik juga semakin meningkat pesat. Demikian juga pembuatan perangsang buah dan bunga telah mengalami kemajuan yang signifikan.

Meski kesadaran untuk memakai produk organik di dunia pertanian sudah semakin meningkat, namun kecenderungannya petani masih menggantungkan ketersedian perangsang buah dengan membeli produk jadi yang dinilai paling praktis karena  mendapat produk yang bisa langsung digunakan, namun memiliki beberapa kekurangan dimana salah satunya petani tidak bisa banyak berinovasi dan biaya produksi bisa semakin mahal.

Melihat perkembangan yang ada di lapangan tersebut maka INCON Mitra Bumi Indonesia menawarkan solusi untuk para petani maju yang ingin terus berinovasi dalam memenuhi kebutuhannya dengan membuat perangsang buah organik sendiri dengan memanfaatkan sumber bahan baku ramah lingkungan yang tersedia di sekitar lahan, dan dikemas dengan cara yang sederhana namun bisa menghasilkan pupuk organik yang berkualitas. Hasil dari pembuatan pupuk organik ini bisa dimanfaatkan untuk kalangan sendiri ataupun untuk dikomersialkan ke petani lain.

 

Media atau bahan yang dapat digunakan mudah didapatkan di sekitar petani seperti air kelapa dan berbagai media organik lainnya. Ada bahan utama atau dikenal dengan istilah master yang kami sediakan yaitu master Perangsang Bunga dan Buah BEST PLANT. Bahan ini sudah dikemas sedemikian rupa sehingga petani tinggal mencampurkannya dengan media yang sudah ada dan bisa segera dimanfaatkan karena proses pembuatannya relatif singkat.

BEST PLANT merupakan hormon tumbuh alami yang bermanfaat untuk mendongkrak produksi tanaman pertanian sehingga hasil menjadi lebih maksimal, kualitas serta kuantitas produksi akan meningkat. Bunga dan buah tidak mudah rontok, hasil lebih berisi, dan lebih awet dalam penyimpanan.

Lengkap dengan Zat Perangsang Tumbuh Alami IAA, asam humat dan fulvat serta dilengkapi dengan balance formula untuk mengatur semua unsur nutrisi yang diserap tanaman sehingga dapat bekerjasama secara sinergi dalam mengoptimalkan produksi tanaman.

 

Kandungan formula Best Plant :

  • Auksin :

Salah satu jenis Auksin yang sangat besar peranannya yaitu Indole Acetate Acid. Hormon alami pengembang sel yang bisa mempercepat pertumbuhan tanaman baik akar, batang dan daun. Berperan dalam menaikkan tekanan osmosis, permebilitas sel terhadap air dan pengembangan dinding sel.

  • Giberelin :

Mampu mengatasi kekerdilan pada tanaman, dengan merangsang pertumbuhan akar, batang dan daun agar tetap normal dan membantu proses enzimatik untuk mengubah pati menjadi gula sebagai sumber energi bagi pertumbuhan. Bermanfaat dalam meningkatkan jumlah tandan buah ( fruit set) dan meningkatkan hasil buah. Berperan mencegah tanaman yang baru dipetik dari kebusukan. Memacu pertumbuhan bunga lebih awal, dan memacu pengangkutan makanan dan mineral serta penyimpanan pada biji sehingga bibit yang baru lebih mudah tumbuh.

  • Sitokinin

Memacu pertumbuhan pembentukan klorofil dan daun sehingga dapat menyediakan makanan bagi tanaman dan memacu pergerakan gula, asam amino, dan berbagai unsur hara dari daun dewasa menuju bunga dan buah sehingga pengisian biji dan buah lebih optimal.

  • Asam humat

Berkemampuan mengikat dan mengendapkan polutan logam berat dalam tanah sehingga hasil pertanian lebih sehat dikonsumsi. Meningkatkan masukan (uptake) nutrient melalui konversi hara menjadi bentuk ketersediaan bagi tanaman sehingga dapat menghasilkan bunga dan buah lebih maksimal. Mengaktifkan mikroorganisme di atas tanah sehingga dapat menghasilkan hormon-hormon pertumbuhan seperti Auksin, giberelin, dan Sitokinin.

  • Asam fulvat

Membantu sejumlah aktifitas kimia seperti produksi enzim, struktur hormon dan kebutuhan dalam penggunaan vitamin serta memperbaiki ketidakseimbangan sel tanaman sehingga produktifitas dan kualitas tanaman dapat ditingkatkan.

  • Asam-asam amino

Menghemat pengunaan energi sehingga bisa digunakan untuk metabolisme lainnya, daya tahan tanaman terhadap stres lingkungan meningkat. Meningkatkan kandungan klorofil dan mengatur pembukaan stomata, sebagai bahan baku hormon pertumbuhan.

  • Asam Traumalin

Mempercepat perbaikan jaringan yang rusak akibat luka.

  • Asam-asam Organik

Melengkapi unsur hara mikro yang dibutuhkan tanaman untuk berkembang pada fase generatif sehingga dapat merangsang pertumbuhan bunga dan buah.

  • Balance Formula

mengatur semua unsur nutrisi yang diserap tanaman sehingga dapat bekerjasama secara sinergi dalam mengoptimalkan produksi tanaman.

 

PERALATAN DAN BAHAN BAKU :

  1. Drum kapasitas 200 liter
  2. Aerator untuk pompa udara
  3. Air kelapa segar atau media lainnya sebanyak 200-220 liter.
  4. 1 kg BEST PLANT
  5. Alat pengaduk

 

CARA PEMBUATAN :

  1. Masukkan 1 kg master BEST PLANT ke dalam drum.
  2. Isi drum dengan 200-220 liter air kelapa.
  3. Aduk merata supaya terlarut dalam media kemudian tutup rapat.
  4. Setelah 12 jam Perangsang Buah Organik sudah siap digunakan.
  5. Jika mau dikemas atau disimpan lebih lama dalam botol, setelah 12 jam bisa dilakukan pengadukan dengan aerator selama 1-2 minggu dengan lama aerasi sekitar 4 jam per harinya.

 

Perangsang Buah Organik yang dihasilkan sekitar 200 liter, sehingga bisa menghemat biaya produksi yang cukup banyak. Selain itu setelah menjadi Perangsang Buah Organik  dapat disimpan dalam waktu yang cukup lama sampai diatas 10 tahunan sehingga bisa juga dikemas untuk kebutuhan komersil.

 

Cara pemakaian :

  • Pada saat tanaman sudah siap berproduksi sebelum muncul bunga , dosis 1 sendok makan ( 10 ml ) per 5 liter air.
  • Disemprotkan satu sampai dua minggu sekali atau pada tanaman tahunan disiramkan 3-6 bulan sekali dosis 30-60 ml per pohon.
  • Penyemprotan dan penyiraman dapat dilakukan bersamaan dengan pemberian pupuk Hayati D’NATURE.

 

Untuk kelompok tani, pelaku usaha, perkebunan besar atau produsen pupuk disediakan kemasan curah yang langsung bisa dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan dengan biaya produksi yang lebih hemat..

 

Sekian dan terimakasih.

 

 

 

 

Untuk tanggapan langsung, dapat menghubungi 081392420678 (wa/telp/sms)

Tinggalkan Balasan